Komponen Pada Komputer dan Fungsinya

Komponen Pada Komputer (CPU) dan Fungsinya

Komponen Pada Komputer dan Fungsinya - Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan beberapa komponen dasar pada komputer yang bisa disebut perangkat keras atau hardware dan fungsinya secara ringkas saja. Tentu untuk para pelajar seperti saya yang baru mengenal komputer / PC (Personal Computer) atau bagi mereka yang sudah berkecimpung di dunia teknologi biasa disebut dengan Rig yang saya sendiri juga tidak tahu arti dari kata tersebut.

Sebelum merakit komputer tentu kita wajib tahu komponen apa saja yang ada dalam komputer, ini sangat penting karena jika kita asal membeli komponen-komponen untuk merakit komputer atau pc kita, bisa terjadi incompatible atau ketidakcocokan antar perangkat keras yang kita akan rakit. Jadi untuk merakit pc (saya sebut komputer dengan pc saja biar mudah), kita perlu mengetahui dulu komponen apa saja yang ada didalamnya dan apa fungsi dari masing-masing komponen tersebut. Berikut komponen-komponen penyusun komputer yang wajib diketahui, dan tidak harus membelinya dengan harga yang mahal, kecuali kalau Anda adalah seorang sultan.

1. Processor (CPU)

Processor atau biasa saya sebut procie adalah komponen utama komputer yang mejadi otak dari pc itu sendiri. Processor atau prosesor sendiri berfungsi untuk memproses semua informasi yang diinputkan ke komputer melalui media input untuk selajutnya diproses menjadi bahasa komputer yang hanya dimengerti oleh mesin. Processor sendiri sangat banyak jenisnya, baik dari merk Intel ataupun AMD. Kalian bisa membeli processor berdasarkan kebutuhan, apakah hanya untuk mengetik (office), desain dan editing, atau untuk gaming sampai membuat server yang membutuhkan performa dan ketahanan yang luar biasa.

2. Random Access Memory (RAM)

Random Access Memory atau biasa disingkat RAM, adalah sebuah memory yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan sementara file register atau instrusksi program yang sedang dijalankan. Sama halnya seperti prosesor, RAM juga dipilih berdasarkan kebutuhan. Makin besar kapasitas yang dibutuhkan maka otomatis keperluannya pun makin besar (editing atau gaming). RAM sendiri kapasitasnya bervariasi, mulai dari 1GB, 2GB, 4GB, dan 8GB perkepingnya. Untuk 16GB adalah pengecualian, karena tipe memory terbaru yaitu DDR4 sudah mendukung penggunaan 16GB single-channel memory, namun sudah tentu harganya mahal.

3. Video Graphic Adapter (VGA)

Video Graphic Adapter atau VGA adalah perangkat keras yang berfungsi memberi interface grafik yang bagus kepada pengguna lewat monitor, makin tinggi spesifikasi VGA yang digunakan maka makin bagus pula gambar yang dihasilkan. Namun VGA ini tidaklah wajib untuk dibeli, karena biasanya sudah ada VGA onboard bawaan processor. Kecuali untuk sobat memiliki kebutuhan yang cukup berat seperti desain grafis dan gaming yang menuntut grafik yang ektrim (VGA Bound). Untuk saat ini, VGA sudah digantikan oleh GPU (Graphic Processing Unit) karena VGA dianggap terlalu lamban, dan sudah ditambahkan Processor pada VGA itu sendiri yang artinya tidak bergantung pada Processor utama lagi. Contohnya: Nvidia Gtx 1080, Gtx Titan X, Radeon Rx480 dan masih banyak lagi GPU keluaran terbaru yang mantap untuk desain dan gaming.

4. Motherboard (MoBo)

Satu komponen penting lainnya adalah motherboard, merupakan papan sirkuit yang terdapat socket dan slot serta port untuk dipasangi hardware di atas (VGA, Processor, RAM, dsb.) agar bisa berjalan nantinya. Socket pada motherboard sendiri juga harus sama dengan socket processor, misalnya Intel Core i3 6100 menggunakan pin 1151, jadi harus pakai Mobo yang socketnya 1151 dan jangan sampai salah!. Chipset-nya juga harus dipertimbangkan, jika ingin membuat pc yang standar bisa memakai chipset "H" dari Intel, atau "Z" untuk yang haus performa baik gaming atau overclocking dengan catatan memakai Processor seri "K" yang artinya dapat dioverclok (misal Intel Core i7 6700K") dan chipset "X" untuk kelas Xtream seperti PC Gaming super dan membuat server (khusus processor dengan socket 2011v3 dengan seri X yang harganya tidak masuk akal).

5. Power Supply (PSU)

Tentu ini adalah komponen yang jangan sampai terlewatkan, seberapa gahar dan mahal apapun spek pc kalian, tidak akan berguna tanpa adanya power supply. Power supply sendiri berfungsi untuk memberi daya listrik kepada masing-masing komponen seperti motherboard, dan VGA. PSU ini sendiri juga banyak kapasitasnya, mulai dari 300W, 400W, hingga 1200W. Jenisnya pun juga ada beberapa, dari non-modular, modular, hingga full modular.

6. Media Penyimpanan (Hardisk & SSD)

Fungsinya tentu untuk menyimpan file, tapi sekarang mayoritas menggunakan SSD untuk tempat menginstal sistem operasi atau OS agar kinerjanya lebih cepat, dan memakai hardisk untuk menyimpan data penting yang ukurannya besar. Media penyimapanan pada komputer saat ini umumnya masih menggunakan hardisk sebagai media utama, namun sudah ada juga yang memakai SSD (Solid State Drive) yang dianggap lebih cepat dari hardsik sekitar 10x lipat! Tentu dengan harga yang jauh lebih mahal juga, meski demikian tidak menjadi masalah.

7. Casing (Case)

Bisa juga disebut sebagai rumah cpu yang kita rakit, fungsinya tentu sebagai tempat untuk meletakkan semua komponen komputer yang sudah terakit sebelumnya. Casing juga banyak jenisnya, dari yang mini sampai full tower untuk pc gaming yang memerlukan space untuk tempat liquid cooler ataupun beberapa cpu fan yang cukup besar. Dari segi harga juga beragam, kebanyakkan sekitar 200 ribu hingga 700 ribuan tergantung model, bahkan ada yang sampai di atas 2 juta!

7. Monitor

Monitor berfungsi untuk menampilkan hasil proses dari perintah yang diinputkan user ke dalam komputer. Monitor di sini bebas mau memakai yang seperti apa, karena selera orang pasti berbeda-beda. Bisa memakai yang standar (14" dengan resolusi HD, hingga 26" dengan resolusi 4K), tergantung kebutuhan tentunya.

8. Mouse dan Keyboard

Kedua hardware ini berfungsi sebagai perangkat untuk memasukkan perintah dari user ke dalam pc untuk diproses dan menghasilkan output yang akan ditampilkan lewat monitor. Keyboard dan mouse juga tidak perlu yang aneh-aneh, dalam artian dengan harga yang tidak berlebihan. Misalnya cukup beli yang harganya 100 ribuan dengan kualitas yang cukup bagus, tidak perlu membeli yang jutaan hanya untuk bermain game saja. Kecuali jika sobat adalah gamer's profesional atau anak sultan.

Baca juga:

Baiklah itu dia tadi komponen-komponen pada komputer beserta fungsinya, lengkap dengan gambar dan pembahasan singka dari saya. Jika ada yang salah mohon dikoreksi atau bisa berkomentar lewat kolom di bawah. Oya dalam merakit komputer, apabila tidak ahli jangan melakukannya sendirian, mintalah bantuan kepada teman atau saudara yang sudah berpengalaman. Sebab, kalau tidak teliti akan ada banyak kabel yang salah colok dan akhirnya kosleting listrik saat test booting untuk pertama kalinya. Atau lihat buku panduan, bisa juga minta dirakitkan di toko kalau tidak ingin repot. Sekian, semoga dapat membantu dan bermanfaat!

0 Response to "Komponen Pada Komputer dan Fungsinya"

Post a Comment

Komentar yang mengandung kata-kata kasar, kurang sopan, dan spamming lainnya akan dihapus!