Pengertian, Fungsi, dan Jenis-Jenis Firewall pada Jaringan Komputer

Pengertian, Fungsi, dan Jenis-Jenis Firewall pada Jaringan Komputer

Pengertian, Fungsi, Manfaat, dan Jenis-Jenis Firewall pada Jaringan Komputer - Ah.. sudah lama sekali rasanya tidak update blog ini kembali karena sibuk masalah sekolah. Yosh, kali ini saya akan sedikit tentang pelajaran komunikasi data. Tepatnya tentang pembahasan mengenai firewall pada komputer, karena cukup menarik juga untuk diulas. Pada artikel kali ini saya hanya akan membahas dasar-dasar dari firewall dan semoga saja dapat sobat pahami.

Jika sobat pernah browsing, atau download semacam software dan menginstallnya biasanya akan meminta untuk mematikan firewall. Nah sebetulnya apa sih yang dimaksud firewall pada komputer? Apa fungsinya? Jenisnya apa saja? Mari kita ulas bersama tentang beberapa hal tersebut.

Pengertian Firewall

Kita mulai dari yang paling dasar, jadi apa itu firewall?

Firewall adalah sistem keamanan pada jaringan komputer yang digunakan untuk melindungi komputer dari beberapa jenis serangan dari luar yang membahayakan komputer atau data kita.

Fungsi Firewall

Sebenarnya ada banyak fungsi dari program yang satu ini, namun akan saya tulis beberapa saja.

  1. Mengontrol dan mengawasi paket data yang mengalir pada jaringan.
  2. Mengatur, mem-filter, dan mengontrol lalu lintas (traffic) data yang diizinkan untuk mengakses jaringan private yang dilindungi.
  3. Melakukan autentifikasi terhadap akses ke jaringan.
  4. Firewall mampu memeriksa lebih dalam, dari sekedar header pada paket data.

Manfaat Firewall

Selain fungsi di atas, ada beberapa manfaat atau keuntungan dengan adanya firewall pada komputer kita.

  1. Menjaga informasi rahasia dan berharga yang keluar tanpa sepengetahuan kita.
  2. Sebagai filter untuk mencegah lalu lintas tertentu yang mengalir ke subnet jaringan.
  3. Memodifikasi paket data yang ada di dalam firewall.
  4. Sebagai akurasi data seperti informasi keuangan, spesifikasi produk, harga produk, dan sebagainya.

Jenis-Jenis Firewall

Yang terakhir adalah jenis atau macam-macam firewall pada komputer, di sini firwall yang saya ketahui ada empat yaitu:

  • Packet fileting gateway, merupakan firewall yang bertugas melakukan filterisasi terhadap paket-paket yang datang dari luar jaringan yang dilindungi oleh firewall.
  • Application layer gateway, adalah firewall yang mekanismenya tidak hanya berdasarkan sumber tujuan dan atribut paket, tapi bisa mencapai isi dari paket tersebut. Mekanisme lainnya paket tersebut tidak akan langsung sampai ke server tujuan, tapi hanya sampai firewall-nya saja.
  • Circuit layer gateway, bekerja pada Transport Layer model referensi TCP/IP, firewall ini akan melakukan pengawasan terhadap awal hubungan TCP yang bisa disebut TCP Handshaking.
    NB: TCP Handshaking merupakan proses untuk menentukan sesi awal hubungan tersebut diperbolehkan atau tidak.
  • Statefull Multilayer Inspection Firewall, Model firewall ini merupakan penggabungan dari ketiga firewall sebelumnya, dan bekerja pada layer Application, Transport dan Internet. Dengan penggabungan 3 firewall tadi, mungkin dapat dikatakan firewall jenis ini merupakan firewall dengan fitur terbanyak dan tingkat keamanan yang tertinggi.

Itu dia tadi pembahasan singkat tentang pengertian, fungsi, dan jenis firewall pada komputer. Dengan artikel ini saya harap sobat tidak menonaktifkan program penting yang satu ini, karena jika firewall tidak aktif tentu komputer sobat akan sangat beresiko terkena serangan virus ataupun trojan dari pihak yang tidak bertanggung jawab.

Oke, sekian dulu untuk artikel tentang firewall pada komputer singkat ini. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan berkomentar lewat kolom di bawah, serta jangan lupa like dan share jika artikel ini bermanfaat ya! Terima kasih.

0 Response to "Pengertian, Fungsi, dan Jenis-Jenis Firewall pada Jaringan Komputer"

Post a Comment

Komentar yang mengandung kata-kata kasar, kurang sopan, dan spamming lainnya akan dihapus!