Pengertian CSS dan Fungsinya

Pengertian CSS dan Fungsinya

Pengertian CSS dan Fungsinya - Pada artikel sebelumnya saya telah membahas tentang cara mengatasi tombol share yang error pada template mas sugeng, dan kali ini akan saya lanjutkan tentang CSS. Pernahkan kalian berpikir tentang apa itu CSS? Mungkin sebagian orang sudah tahu, tapi mungkin juga ada yang belum. Nah sebenarnya css sendiri kita gunakan untuk membuat tampilan blog kita lebih menarik kan? Jadi apa itu CSS?

CSS atau Cascading Style Sheet merupakan salah satu dokumen website yang berguna untuk mengatur tampilan (style) pada suatu website ataupun blog.

Banyak orang mengatakan css dalah bahasa pemrograman, tapi menurut saya sendiri css sebetulnya bukan bahasa pemrograman. Melainkan hanya sebuah script yang mengendalikan beberapa komponen pada web sehingga akan lebih terstruktur dan lebih enak dilihat.

Berikut beberapa fungsi CSS yang sudah saya rangkum dari beberapa sumber, tentu saja agar sobat bisa jadikan ini sebagai bahan referensi untuk belajar. Terutama bagi yang sekolah jurusan tkj ataupun web developer.

  1. Mendefinisikan style suatu teks dengan jenis huruf, ukuran, dan warna yang telah dikehendaki.
  2. Mengatur ukuran gambar, border, warna body, warna link, style pada suatu dokumen web.
  3. Membuat tampilan web lebih bagus dan teratur.
  4. Mengurangi pemakaian dokumen HTML, sehingga kode HTML lebih sederhana dan mudah diatur.
  5. Mengurangi ukuran file dokumen web menjadi lebih kecil, karena pengaturan style yang lebih efisien.

Kalau masih bingung, sobat bisa membuka MS Word. Disitu fitur-fiturnya sama persis kok dengan yang diatur oleh CSS. Seperti text underline, bold, italic, list, dan masih banyak lagi. Oya satu lagi, dari namanya saja kan CSS jadi otomatis dokumen CSS disimpan dengan format atau ekstensi .css pada akhir nama dokumen. Kalau ada yang bingung silahkan tanya saja lewat komentar. Sekian untuk pengertian CSS dan fungsinya kali ini, semoga dapat membantu dan selamat liburan :)

0 Response to "Pengertian CSS dan Fungsinya"

Post a Comment

Komentar yang mengandung kata-kata kasar, kurang sopan, dan spamming lainnya akan dihapus!