Cara Membuat Teks Menjorok Pada Paragraf Postingan di Blogspot

Cara Membuat Teks Menjorok Pada Paragraf Postingan di Blogspot

Cara Membuat Teks Menjorok Pada Paragraf Postingan di Blogspot - Setelah satu tahun lebih vakum akhirnya blog ini bisa hidup kembali, dan sebelumnya selamat tahun baru juga meski telat nih kasih ucapannya. Nah back to the point, pernah gak sih sobat kalau membuat postingan di blogger selalu menggunakan teks rata kanan-kiri (justify) dan ingin membuat teks awal paragraf menjadi menjorok ke kanan layaknya menekan tombol Tab pada office untuk membuat paragraf yang baik (lihat gambar di atas). Tapi saat di dashboard post jika menekan tombol tab malah menjadi tidak jelas apa fungsi dari tombol tersebut kan?

Sebelum lanjut mari kita bahas apa sih bagusnya jika dibuat menjorok? Sebenarnya tidak ada yang spesial dari membuat teks awal kalimat menjorok ke kanan, hanya saja akan terlihat lebih rapih dan enak dibaca. Tapi untuk yang tidak mementingkan hal semacam ini juga tidak masalah karena tidak akan mempengaruhi posisi blog sobat pada SERP. Namun bagi yang ingin membuat blognya tampak lebih sedikit rapih tidak ada salahnya membaca artikel sederhana ini.

Lalu bagaimana caranya? Sebetulnya cukup mudah dan simpel tanpa harus rombak-rombak template yang isinya tidak karuan untuk yang masih awam dengan pemrograman web seperti saya ini. Berikut langsung saja langkah-langkahnya dan ikuti dengan teliti.

  1. Copas code di bawah ini:
    <*p style="text-align:justify;text-indent:30px;">
  2. Pastekan pada setiap awal kalimat pada paragraf yang akan dibuat menjorok ke kanan, dan hapus tanda bintang [*] yang ada pada code tersebut dan jangan lupa pada akhir paragraf ditutup dengan tag <*/p> (hapus juga tanda bintangnya). Misalnya seperti ini:

    <*p style="text-align:justify;text-indent:30px;">Setiap yang hidup pasti akan mengalami kematian, termasuk kita manusia. Tentang kapan waktu kematian itu datang hanya Allah saja yang mengetahuinya, jadi tidak penting untuk kita mencari tahu ataupun mengira-ngira kapan dan dimana kita akan mati. Yang penting bagi kita adalah mengingat kematian itu, sebab secerdas-cerdasnya manusia ialah mereka yang memperbanyak ingatannya kepada kematian serta yang terbanyak persiapannya untuk menghadapi kematian. Mereka itulah orang yang benar-benar akan pergi ke alam baka dengan membawa kemuliaan dunia serta akhirat.<*/p>

  3. Sekali lagi dan pastikan hapus tanda bintang * yang ada pada kode di atas agar nanti kodenya bekerja dengan benar. Kemudian Angka 30px adalah jarak menjorok teks awal kalimat ke kanan, semakin besar nilainya maka semakin ke kanan juga menjoroknya dab begitu juga sebaliknya. Sedangkan justify adalah value untuk membuat paragraf menjadi rata kanan-kiri, sama seperti pada office, left = rata kiri, right = rata kanan, center = rata tengah, dan justify = rata kanan kiri.

Bagaimana, mudah bukan? Tentu saja mudah karena tidak ada yang sulit kalau berusaha hehe. Silahkan baca juga Cara mengatasi tombol share error pada template mas sugeng untuk yang senasib dengan saya karena memakai template buatan beliau. Sekian untuk artikel sederhana dari blog butut ini, semoga membantu dan selamat mencoba!

0 Response to "Cara Membuat Teks Menjorok Pada Paragraf Postingan di Blogspot"

Post a Comment

Komentar yang mengandung kata-kata kasar, kurang sopan, dan spamming lainnya akan dihapus!